Thursday, February 16, 2012

Culture Shock


Saya fighting dengan Matt kemaren * ihhh too much yaaa bilang fighting “. Ok jadi ceritanya begini nih, Matt dan saya punya rencana setelah menikah *amin* akan pindah ke US. Awalnya seperti semua cewek yang mau di bawa pergi dari keluarga, teman ( read comfort zone ) saya sedikit sedih, bingung dan agak-agak takut tapi..........sebenarnya saya juga lebih excited karena ini seperti hidup baru, petualangan baru dan yeahhhh jalan-jalan !!!.

Tentu saya masih sangat ingat 6 tahun lalu ketika dibawa pindah Opik, saya nangis tiap hari kalo telp dengan nyokap tapi setiap weekend saya selalu punya agenda untuk pergi ke tempat-tempat baru, saya homesick tapi saya dapat rumah baru, saya kangen semua teman main saya tapi saya dapat teman baru yang sekarang malah jadi sangat dekat, saya complaint dengan tempat baru tapi dulupun ketika saya di medan saya complaint setengah mati, saya harus jatuh bangun untuk bisa adaptasi dengan semua yang berubah di hidup saya waktu itu. 

Memang sih....medan dan Surabaya yahh gak jauh-jauh beda. 11-12, tapi tetap aja beda. Pagi-pagi waktu jalan dari kos ke kantor saya nemu papan Koran sehingga setiap pagi orang baca Koran sambil berdiri rame-rame dan itu lucu sekali seperti zaman perang, saya kenalan dengan orang-orang baru dari kupang, makasar dan banyak pulau lainnya di Indonesia yang selama ini gak terjamah saya, saya punya kesempatan untuk travelling ke Indonesia timur, datang ke pink beach, 29 kali ke bali dalam setahun karena dekatnya, mondar mandir ke yogya kayak setrikaan, punya hobby baru yang baru saya sadarin saya suka ketika di Surabaya, dapat keluarga baru, dapat penyakit baru juga di perut, ngerasain jadi anak kos yang harus nyuci dan setrika baju sendiri, pisah dari opik dan ngerasa terlunta-lunta sendirian di Surabaya, masuk rumah sakit sendirian dan dijemput mas bayu, ngerasain pacaran dengan orang jawa yang ngomongnya bener-bener medok (  bukan jawa deli ), nyoba kuliner baru.

Tentu saya juga ngerasa shock waktu baru pindah. Seperti jalanan yang lebih rapih dan saya gak bisa nyetir slonong boy, maki dalam bahasa jawa ( djanjuk !!!!! ), orang-orang yang lebih suka berbahasa jawa daripada bahasa Indonesia dengan saya, suasana kantor yang berbeda sekali, music daerah yang berbeda, orang-orang dengan kepribadian yang berbeda, saya masih inget kaget setengah mati ketika ngeliat BONEK ngeremes pantat cewek di pinggir jalan dan Opik bilang begini “ that’s Bonek Neng, so better stay away from them!! “, di Medan saya gak pernah lihat itu. Biarpun orangnya galak-galak tapi gak pernahhhhhhhhhh ngeremes pantat, makan orang iya hahaha.

Iya...iya....seperti yang saya beritahu di atas, saya nangis dong, hampir setiap hari saya nangis kejer kalo pulang kantor, kangen rumah dan berkali-kali pulang ke medan sampai tabungan saya kandas, belon lagi urusan domestic saya dan Opik yang bikin saya sebel dan nyesel banget pindah ke Surabaya. Saya marah trus dan kecewa sekali sampai akhirnya saya sampai pada satu titik yang namanya pasrah dan ikhlas * wow..wow...*.

Setelah saya mulai punya teman, punya tempat spa baru, punya internet di rumah, punya hati yang besar sekali untuk menerima kondisi saya yang baru, semuanya sih akhirnya normal-normal aja. Rindu rumah masih sih, tapi kalo rindu yahh pulang aja kan ada air asia ini, kalo saya sedih sekali ada temen dan lama-lama tinggal disini menyenangkan juga.

Culture shock saya pikir akan ada di mana aja, bukankah setiap hari kita akan selalu merasa frustasi dan gila melihat sesuatu yang berbeda dengan hidup kita biasanya. Saya 2 hari lalu shock lihat satu orang di kantor buang ingus didepan kita semua yang lagi makan, antara jijik dan geli tapi dia merasa itu wajar dan normal * yuck !! *

Bukan saya jadi silau karena akan pindah, wahhh gak sama sekali. Saya khawatir banyak sekali. Ada banyak sekali yang akan berbeda jika saya pindah. Contoh paling simple, ketika saya di Indonesia dan pergi ke Starbucks or Fast Food semacam KFC, Mc’D maka akan ada pelayan/waiters yang akan membereskan semua bekas makanan dan minuman, di US pasti saya harus beresin sendiri. DI Indo hampir semua rumah tangga punya pembokat, di US saya mungkin akan jadi pembokat. 

Pasti saya akan kaget-kaget amat sangat dahsyat ketika di sana dan bukan gak mungkin nangis-nangis minta pulang tapi.....kata my mom “we never know what the future hold for us”.

0 comments:

Post a Comment