Thursday, February 16, 2012

Women can’t go back in lifestyle (Chris Rock)


Pemikiran ini sebenarnya udah lama banget ganggu saya, semenjak seringkali saya sadari itung-itungan gaji saya koq sering berakhir dengan “ gak nabung sama sekali”. Wah bukan saya gak senang menghabiskan uang saya atau menyesal di kemudian hari, emmm sebenarnya gak juga sih tapi entah kenapa satu minggu ini saya seperti dipaksa untuk memikirkan ini.

Contoh :

Mba Ida salah satu tertua ( dia paling lama di rumah kos ) suka sekali masakin saya dan fins, biasanya sih weekend. Seperti kebanyakan orang Jawa, biasanya dia sangat cukup makan dengan sayur dan tahu atau tempe goreng atau kadang-kadang ada ikan atau ayam, nahhhhhh saya ini yang udah keseringan jajan diluar ( pake mecin dan msg pastinya ) sering males makan makannya dia. Biasanya saya dan fins hanya icip-icip dan setelah itu kabur beli makanan lain, sejujurnya masakan mba Ida semangkin hari semangkin ok dan seharusnya saya bisa hemat juga plus sehat kan??. Dulu sih rasanya kalo ibu saya masak masakan rumah saya yahhh ok-ok aja dan tetap lahap. Ini pasti gara-gara mecin deh !!!. 

Weekend di Mall. Untuk lajang dan gak punya kerjaan di weekend, yang namanya akhir minggu adalah ngabis-ngabisin gaji. Saya seneng sih walo di akhir bulan harus garuk-garuk pas lihat tagihan kartu koq yah gak abis-abisnya. Kalo sekali-kali sih sebenarnya gpp, lucu juga malahan, tapi ini hampir setiap minggu dan biasanya itu dari satu cafe ke cafe lain. Biasanya pas terima tagihan saya suka kaget sendiri karena liat harga 1 gelas orange juice Rp 27.000, padahal dulu waktu masih piyek ibu saya buatin orang juice yang sama aja enaknya plus mungkin lebih sehat, gratisan. Sekarang kalo pas di Medan dibuatin orange juice ama nyokap saya sering ngerasa kurang enak, beda ama yang di Mall ( kacrut !! ).  

Belum lagi soal make up. Saya punya beberapa lipstick yang bahkan gak kepake sampe beku dan rusak, punya beberapa eye shadow yang gak pernah kepake sama sekali dan masih ada barcode harganya, macem-macem body butter dari berbagai merk, dan perintilan lain sampai sabun mandi dari merk tertentu yang harganya lumayan untuk kantong saya, padahal duluuuuuuuuuuu nih saya mandi pake sabun batangan ( semacam lux gitu ) dan semua fine-fine aja plus lebih murah. Biasanya abis nyesel, saya suka mikir wajar deh kan ada barang ada harga hihihii. 

Langganan TV kabel padahal jarang banget di tonton karena biasanya setelah pulang kantor saya ngantuk dan lebih suka baca-baca buku atau browsing tapi mau berentiin langganan TV koq jadi aneh sendiri nonton tv local ( dulu padahal biasa aja tuh ), minum kopi merk tertentu yang sebenarnya malah bikin jantung saya berdebar-debar dan gelisah trus ( gak sehat bener ), langganan internet yang gak terpake karena lebih sering browsing pake hape tapi males berentiin langganannya.

Itu masih banyak lagi barang-barang yang saya beli demi apa yah....saya bahkan gak punya alasan untuk itu karena gak kepake juga. Tas kamera yang sampai 5 biji, punya Ipod yang gak kepake sejak beli pertama kali, kamera Polaroid yang gak pernah di sentuh, travel wallet 2 biji yang juga gak kepake karena ternyata saya tetap pake yang lamaaaaaaaaaaaaaa banget ( sehingga punya 3 yaa), sepatu yang berpuluh-puluh dan akhirnya rusak karena gak kepake, tas yang akhirnya mengelupas kulitnya karena hanya disimpan di kotak bertahun-tahun, baju yang rusak, barang-barang disc-an yang dibeli atas nama PENGEN. Arghhhhhhhhhh list ini akan semangkin panjang kalau ditulis dan dibandingkan ketika zaman saya hanya terima gaji Rp 425.000 di Radio Kiss yang saat itu gaya hidup saya udah jor-jor-an dari satu party ke party lain ( gratisannnnnnnnnnnnn hahahaha ).

Sebenarnya postingan ini bukan untuk mengingatkan saya lebih hemat atau jadi pelit sih hahaha, hanya mengingatkan saya kalau kadang-kadang banyak sekali yang saya harusnya bisa PUAS dan bisa bilang cukup karena ternyata lebih sehat dan lebih hemat.

0 comments:

Post a Comment